Sungai Desa Jeruk

Penulis: Febi Anggarita Ningrum

Para gadis desa sedang bermain di sungai (Fotografer: Febi Anggarita Ningrum, 2017)
Sungai yang berada didesaku ada berbagai macam, sungai tersebut terletak di desa Jeruk. Rute untuk menuju sungai tersebut dari gapura jeruk lurus ada SD jeruk. Dari SD jeruk dikanan jalan belok ketimur atau kekanan disitulah tempat sungai itu berada, sungai ini memiliki air yang mengalir deras.

Sungai ini sangat istimewa karena terdapat padas yang membentuk suatu tanah unik. Disini terdapat bambu yang sangat banyak sehingga membuat sungai itu tertutupi bambu. Karena itulah membuat sungai tersebut asri, sejuk, nyaman, indah.

Kalian akan merasa betah disana. Pada zaman dahulu sungai kalingga dibagi menjadi 2 yaitu: untuk perempuan sendiri dan laki-laki  sendiri untuk perempuan. Sungai bagian bawah dan laki-laki bagian atas.

Disaat kalian berada disungai tersebut kalian tidak boleh bicara sembarangan atau bicara kotor bahkan membuang sembarangan karena itu tidak diperbolehkan oleh para leluhur. Selain sungai tersebut, didesa saya juga terdapat sungai batu. Lokasinya di desa bagian utara. Sungai ini tidak kalah cantiknya dengan sungai kalingga. Bedanya adalah disana terdapat pengairan disana juga dipenuhi oleh bebatuan yang besar dan jurang yang curam. Itulah beberapa pesona sungai didesaku .

*Febi Anggarita Ningrum adalah siswa SMA Negeri 1 Pamotan Kelas X jurusan IPS. 
Previous
Next Post »