Kampung Cina Mahbong

Penulis: Silfia Wulan Purnama Sari (Siswa SMA Negeri 1 Pamotan) 

Kampung Cina Mahbong yang ada di Lasem (Fotografer, Silfia Wulan Purnama Sari, 2017)
Menurut masyarakat lasem, Mahbong biasa disebut dengan sebutan 'Kampung Cina'. Disebut dengan kampung cina karena mayorutas penduduk kampung tersebut non Islam.

Kampung ini terletak di dalam Desa Karangturi, Lasem. Berbatasan langsung dengan utara: Desa Kauman, selatan: Desa Babagan, barat: Desa Sidodadi, timur: berbatasan langsung dengan jalan raya.

Kampung cina atau Mahbong ini sangatlah unik, karena di kampung ini terdapat bangunan bangunan tua. Bangunan tersebut konon katanya sudah ada sejak datangnya bangsa kolonialisme Belanda.

Dengan adanya bangunan bangunan tua yang berasitektur unik dan masih berdiri kokoh tersebut, membuat banyak orang ingin mengunjunginya. Mahbong sering kali dikunjungi oleh para anak muda dengan tujuan untuk berfoto dan mengambil view bangunan tua tersebut.

Lukisan polkadot di kampung Cina Mahbong Lasem yang telah dirusak orang
(Fotografer, Silfia Wulan Purnama Sari, 2017)
Saat itu ada salah satu tembok bangunan tua tersebut yang dilukis dengan gambar sayap dan polkadot warna warni. Hal tersebut tentunya membuat semakin banyak anak muda yang tertarik dan ingin foto disana. Akan tetapi, sekarang lukisan itu sudah dirusak oleh manusia yang tidak punya rasa cinta terhadap suatu karya. Lukisan tersebut dicoret coret menggunakan pilok. Tapi, kalian tidak perlu khawatir karena masih ada bangunan bangunan tua yang sangat cantik untuk dijadikan view saat foto.

Sekarang ini juga telah dibangun tempat untuk nongkrong remaja maupun orang orang dewasa. Nama tempat ini yaitu 'Pondok Antique' . Dipondok antique menyediakan aneka ragam makanan, minuman, dan ice cream. Pondok ini sangat unik, karena semua peralatannya dibuat dari kayu dan sangat nyaman dipakai untuk kumpul dengan teman. Di tempat ini juga ada wifinya, jika kalian mengunjungi pondok antique sebaiknya pada saat malam hari, karena pada saat malam suasana dipondok tetsebut sangat enak. Apabila kalian ingin wifian, kalian tinggal menanyakan sandi wifinya ke salah satu pelayan pondok tersebut. Jadi kalian bisa nongkrong sambil makan, minum, dan bisa juga sambil wifian.

Selamat mengunjungi....!
Previous
Next Post »