Kali Penjalin

Kali Penjalin desa Pos Sukoharjo, Pamotan Rembang (Fotografer; Alfi SMA N 1 Pamotan)
Penulis: Nur Aini Alfiyah (Siswa SMA Negeri 1 Pamotan)

Kali Penjalin merupakan salah satu potensi alam  yang sangat indah. Kali Penjalin ini teletak di desa Pos Sukoharjo, Kecamatan Pamotan, Kabupaten Rembang. Tepatnya berada di sebelah timur desa Bangunrejo atau yang biasa di kenal dengan mbedok. Menurut warga sekitar pontesi ini dinamakan Kali Penjalin berasal dari dua kata, yaitu kali  yang berarti sungai dan penjalin yang berarti pohon penjalin.

Jadi Kali Penjalin adalah sebuah sungai yang disitu banyak atau ada pohon penjalinnya. Potensi alam ini memang belum terkenal atau dibuka, karena warga sekitar menganggap bahwa potensi alam Kali Penjalin ini cukup potensial untuk dipakai wisata. Tapi jika kalian berwisata atau sekedar mandi-mandi saja, warga sekitar akan menyambut dengan ramah dan gembira kedatangan para pengunjung. Potensi alam ini bisa ditempuh melalui berjalan kaki, naik sepeda ontel, atau naik sepeda motor. Hal ini di karenakan oleh sempitnya jalan untuk sampai ke potensi alam Kali Penjalin.


Di sepanjang perjalanan untuk sampai kesana,bisa ditemui banyak pepohonan,seperti pohon jati, kelapa, nanas, pandan,dll. Namun di sepanjang perjalanan tidak akan ditemui warung-warung, tapi di perjalanan masuk ada warung atau toko-toko untuk membeli sesuatu yang kalian butuhkan. Di sekitar Kali Penjalin banyak bebatuan yang sudah melekat di tebing-tebingnya. Ditambah lagi ada saluran atau aliran yang berada disebelah atas Kali Penjalin. Kalau hujan tiba biasanya ada air yang mengalir dari atas tebing-tebingnya, sehingga membuat Kali Penjalin tersebut seperti air terjun.

SMA Negeri 1 Pamotan
Nur Aini Alfiyah


Oldest