Sumur Punden Pacar

Penulis: Ani Cahyani (Siswa SMA Negeri 1 Pamotan)

Sumur Punden Pacar (Fotorafer, Ani Cahyani 2017)
Di desa tempaling ada dua punden, yang satu punden suban dan yang kedua punden sumur pacar. Sampai saat ini terletak di RT 05 RW 01. Sedangkan punden sumur pacar terletak di RT 04 RW 01.Sebelum masyarakat desa mengenal agam Islam tempat ini di anggap angker.

Untuk mencapai punden tersebut kita bisa berjalan kaki karena tempatnya dekat dengan rumah warga. Kita bisa melihat pemandangan di sekitar yang begitu sejuk.punden tersebut di kelilingi pohon beringin yang besar dan dekat dengan sumur.

Pohon identitas Sumur Punden Pacar,
Fotografer, Ani Cahyani 2017 
Anak anak kalau bermain di situ tidak boleh nakal dan tidak boleh merusak pohon yang ada di sekitarnya, karena kata orang ada yang menghuni pohon tersebut.Jika anak bermain di situ dan anak itu merusak lingkungan punden katanya penghuninya marah dan akan menyakiti anak tersebut.

Pada saat itu masyarakat membuat ambeng nasi dan lauk pauk serta jajanan tradisional seperti: ketan, tape, bugis, nagasari, dumbek,dan jajanan itu sekarang menjadi kuliner khas masyarakat tempaling.

Setelah itu jajanan di bawa ke sumur untuk di jadikan satu sehingga membentuk ambeng taksasa.setelah selesai,makanan itu di makan bersama dan ada juga di bawa pulang.Di desaku tidak ada tempat wisata tetapi saya bangga dengan desa saya. karena masyarakat di desaku sangat ramah dan saling membantu satu sama lain jika membutuhkan.
Previous
Next Post »