Wisata Gunung Mbencet

Juli 28, 2017
Penulis : Nanda Ika Sari

Panorama Gunung Mbencet (Fotografer, Nanda Ika Sari, 2017)
Wisata gunung mbencet terletak didesa ngulangan, tepatnya diantara desa banyurip dan desa Ngulangan, kec. Pancur kab. Rembang . untuk menuju ke gunung tersebut dapat ditempuh dengan naik kendaraan roda 2, roda 4, dan bisa juga dengan jalan kaki. Kita bisa melewati jalur timur dan jalur barat/bawah. Jika melewati jalur bawah kita melewati desa wuwur , kemudian memasuki desa ngulangan , kita melewati kuburan ngulangan yg berada disebelah kanan jalan dan dikiri jalan ada rumah yg halamnya dihiasi dengan bunga bougenfill yg dilengkungkan ,kemudian kita menyusuri jalan, ada pertigaan yg ada warung kecil yg menjual jajanan

Kita bisa membawa bekal dari warung itu, lalu belok kanan kita bertemu dengan masjid, kita bisa sejenak berhenti dimasjid untuk sholat / istirahat . Terus mengikuti jalan, saat perjalanan menuju kegunung, kita melewaji jembatan, sawah, hutan, dan rumah warga. Dari bawah kita dapat melihat gunung dan sekitarnya ,seperti pohon" .

Tikungan S menuju Gunung Mbencet (fotografer, Nanda Ika Sari, 2017)
Jalur atas kita bisa melewati desa banyurip dan bisa juga lewat desa joho gunung , kemudian kita   bertemu dengan pertigaan yg terdapat SD N 1 Banyurib, kemudian kita menyusuri  jalan kita dapat melihat pohon nangka, pohon sukun, pohon bambu  disekitar jalan, hutan ,sawah dan orang orang yg sedang bertani .

Gunung mbencet biasanya dikunjungi anak anak & orang orang dewasa untuk olahraga, jalan- jalan, dan melihat matahari terbit . Biasanya ditempuh dengan jalan kaki bersama-sama saat ramai dipagi hari.

Disana kita bisa melihat indahnya matahari terbit dan keindahan alam dibawah  gunung yng  berkabut dan udara yg sejuk. Disekitar gunung mbencet mayoritas terdapat pohon jati, pohon nangka, dan poho  jambu mente, sebagian ada  phon anggur jawa, dan rumput" yg luas dan semak-semak belukar,dan bunga.

Disana kita bisa berteduh di bawah pohon pohon sekitar yg rindang  dan dapat memetik buah jambu mente, anggur jawa saat musimnya . Banyak anak muda yg bermain disana, biasanya digunakan untu nongkrong, bakaran, dan kumpul bareng teman teman, pemandangan yang indah itu, kita dapat berfoto-foto. Namun, gunung tersebut belum diresmikan sebagai wisata alam.

*Penulis adalah Nanda Ika Sari. Saat ini sedang sekolah di kelas SMA Negeri 1 Pamotan jurusan IPS kelas XI-2. Nama panggilannya adalah Nanda. Semenjak sekolah di SMP  N 1 Pancur, ia memiliki hobby menulis  hingga sekarang. Gadis cantik dari desa Ngulangan Pancur bercita-cita ingin menjadi Guru, tepatnya guru Sosiologi dan Antropologi.