Wisata Puncak Argopuro

Penulis: Eva Meilina Anggraeni (Siswa SMA Negeri 1 Pamotan)


Pecinta Alam sedang kemah di puncak Gunung Argopuro
(Fotografer, Eva Meilina Anggraeni, 2017)
Gunung lasem, dengan puncak yang bertempat di desa ngroto, kecamatan Pancur Kabupaten Rembang. Gunung lasem, dengan puncak argopuronya, merupakan sebuah gunung kecil yang terletak disebelah Timur kota lasem Kabupaten Rembang. Gunung ini mempunyai ketinggian sekitar 806 mdpl.

Panorama Gunung Argopuro (Fotografer, Eva Meilina Anggraeni, 2017)
Meskipun tidak terlalu tinggi, puncak ini cukup ramai dikunjungi oleh para pecinta alam yang umumnya berasal dari Rembang, pati, Blora dan Tuban. Untuk sampai didesa ini, sebenarnya, ada paduan alami yaitu barisan tower-tower memancar. ada banyak hewan yaitu burung, monyet, dll. Sebelum mendaki pengunjung dipersilahkan untuk mengisi buku tamu terlebih dahulu. Selepas batas perkebunan dan hutan, jalur menanjak cukup terjal. Untungnya, kanan-kiri jalur terlindungi hutan yang cukup lebat.

Puncak Argopuro teleh menjadi situs budaya ((Fotografer, Eva Meilina Anggraeni, 2017)
Ada banyak tanaman keras ada buah-buahan, seperti nangka, durian, petai, dan mlinjo. Karena banyak jurang disana-sini ditambah pepohonan yang rimbun sepanjang jalan terutama rotan yang berbahaya karena duri-duri yang bisa membuat luka. Berakhirnya Medan datar, biasa disebut pos. Disini tidak ada keterangan apa-apa. Hanya sebidang tanah datar yang bisa digunakan untuk mendirikan tenda.

Eva Meilina Anggraeni, 
saat ini sedang duduk di bangku SMA Negeri 1 Pamotan
kelas XI IPS 4   
Previous
Next Post »